Laman

Rabu, 29 Maret 2017

TIPS DAN TRIK LOLOS BEASISWA LPDP

Assalamualaikum wr wb..
hay semua pembaca..semoga tulisan saya ini bermanfaat, terutama bagi teman-teman yang sekarang lagi berjuang mendapatkan salah satu beasiswa bergengsi dari kementerian keuangan yaitu LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
...sebelumnya perkenalan dulu yaa.karna tak kenal maka tak sayang.
perkenalkan saya Zahrotul Maulia biasa dipanggil Lia..asal Probolinggo dan sekarang sudah lulus dari sebuah universitas negeri di Jawa Timur yaitu Universitas Jember, program studi Pendidikan Biologi. alhamdulillah sekarang saya menjadi awardee LPDP. saya lolos lpdp batch 4 tahun 2016 jalum afirmasi alumni bidikmisi prestasi. suatu anugrah luar biasa di tahun kemarin bisa mendapatkan beasiswa tersebut..

nah sekarang saya ingin berbagi cerita tentang seleksi beasiswa tahun kmrin dan semoga bisa di ambil pelajaran buat teman-teman yang juga akan berjuang beasiswa tersebut..

dalam tahapan seleksi beasiswa tahun kemarin ada dua tahapan yaitu
1. tahapan administratif
2. tahapan subtanstifi yang terdiri dari wawancara, leaderless group disquestion (LGD) dan essay on the spot .
 sebelum daftar jalur administrasi teman-teman harus punya akun dulu di web resmi lpdp dengan cara mendaftar di beasiswa.lpdp.depkeu.go.id. nah dsini teman-teman diminta mengisi data pribadi. saran saya sebaiknya menggunakan email yang tetap dan jangan ganti-ganti apa lagi lupa pasword email,karna sayarat untuk masuk web tersebut dan membuat akun harus menggunakan email.  sudah banyak kejadian lupa pasord email sendiri dan akhirnya harus ribet ngurusi lupa password email. email sangat penting dan pasword email hrus selalu diingat karena nanti semua pengumuman kelolosan lpdp akan dberitahukan lewat email..so jangan ganti-ganti email yaa teman-teman


ohya jangan lupa. hal ini yang bnyak terjadi. teman-teman harus baca dlu panduan beasiswa tersbut. panduannya sudah sangat lengkap ada halaman web lpdp. tepat dibawah tulisan login web. jadi sebelum daftar baca semua pedoman sampek hatam.hehheh..agar tidak bingung dan tidak bnyak tanda tanya di pikiran..baca pedoman pelan-pelan dan dengan seksama.pahami pelan-pelan. semua sudah jelas dsana

nah sekarang saya akan menceritakan pengalaman saya saat seleksi administratif dulu..
dalam seleksi administratif. teman-teman hanya diminta untuk mengirim berkas tertentu ke web resmi lpdp. mengenai berkas-berkas apa saja. teman-teman bisa search di laman resmi lpdp yaitu beasiswa.lpdp.depkeu.go.id. menurut saya dari seluruh berkas yang diminta. berkas yang paling berat menurut saya yatu TOEFL ITP.. ya maklum lah karna saya bukan dari latar belakang pendidikan bahsa inggris. tapi hal ini tidak membuat saya patah semangat. selama sebulan penuh saya menggembleng diri saya sendiri untuk belajar toefl. saya  satu bulan penuh untuk latihan soal-soal toefl. dan alhamdulillah skor toefl itp saya pun sudah cukup untuk daftar beasiswa lpdp jalur afirmasi.. yaah meskipun skornya terbilang sangat kecil.heheh

yang kedua berkas yang perlu disiapkan jauh-jauh hari untuk seleksi administratif yaitu essay. kita diminta untuk membuat tiga essay yaitu rencana studi, sukses terbesar dalam hidup dan kontribusi bagi negeri. mengenai pokok-pokok apa saja yang harus ada d essay sudah ada pedomannya. silahkan buka di pedoman pokok-pokok apa yang harus ada bru teman-teman buat essaynya.

nah dsini temen-temen pasti bingung apa sih jalur afirmasi itu? jalur afirmasi itu adalah jalur khusus diluar jalur reguler. yang termasuk jalur afirmasi yaitu jalur mahasiswa 3T (tertinggal, terluar dan terdepan), alumni bidikmisi prestasi (alumni bidikmisi yang memiliki indeks prestasi di atas 3,5 dalams skala 4,00) dan yang terakhir adalah mahasiswa yang mempunyai prestasi nasional di bidang akademik, olahraga dll. dan untuk tahun 2017 sepertinya untuk jalur afirmasi ditambah lagi jadi kesempatan untuk masuk jaluk afirmasi lbh luas. untk lebih jelasnya silahkan baca web resmi lpdp.

untuk sesi wawancara hal yang harus diperhatikan jangan grogi, cerita apa danya, jangan sampek mengarang cerita dan berbohong. pada saat wawancara ada 3 reviewer. satu rewiewer ahli bidang (contoh saya mau ngambil biologi, jadi reviewernya juga ahli biologi), satu psikologi (jika kalian berbohong saat aancara kalian akan ketauan oleh psikolognya) dan satu reviewer dri luar negeri. so beljar speaking dr sekarang. soalnya saya saat itu 40 % wawancara menggunakan bahasa inggris. apalagi yang tujuan luar negeri 100 % pke bahsa inggris. (untuk lbih jelasnya saya akan buat postingan lagi dengan judul " tips dan trik lolos wawancara beasiswa lpdp") tunggu upload selanjutnyaa yaaa...sekarang saya kasih gambaran umum dulu..

untuk tahapan LGD. kalian aka dpertemuan dengan 10 peserta yang kalianpun tidak kenal. disana ada 2 observer. kalian akan diberi topik tertentu untuk didiskusikan di ruangan tersebut. topik yang diambil adalah "hot news" jadi tipsnya kalian banyak lihat berita, baca koran dan menggali informasi yang lagi hangat-hangatnya di bahas dan menjadi isu nasional.di diskusi tersbut kalian tidak akan menunjuk menjadi moderator atau notulis.. jdi kalian menunjuk sendiri menjdi moderator dan notulis. tips.klo bisa kalian bisa menawarkan diri menjadi moderator. karena posisi moderator merupakan posisi sangat aman. kenapa? karna jika kalian tidak menguasai topik. kalian bisa megulas penjelasan dri peserta lain, menyimpulkan atau menambahi sedikit penjelasan peserta lain. so , berebutlah menjadi moderator. tapi tetap sopan dan harus meminta kesepakatan peserta lain yaa.. (untuk lbih jelasnya saya akan buat postingan lagi dengan judul " tips dan trik lolos LGD beasiswa lpdp") tunggu upload selanjutnyaa yaaa...sekarang saya kasih gambaran umum dulu..

tahap terakhir yaitu essay on the spot. kalian diminta menulis dalam waktu 60 menit (lupa juga waktunya berapa,,jadi sekitara 60-70 menitan). dsana kalian akan diberi topik (juga sama kyak lgd, topikny adalah isu-isu nasional paling hangat yang sedang diberitakan). so tipsnya kalian hrus tenang. soalnya setelah dihantam beberapa pertanyaan saat wawancara serta sudah adu argumen saat lgd pastinya kalian lelah. so, kalian harus tenang, biar bisa nulis dan menalar karangan dengan baik. disini kalian hrus pke eyd yang baik dan benar. (untuk lbih jelasnya saya akan buat postingan lagi dengan judul " tips dan trik lolos essay o the spot beasiswa lpdp") tunggu upload selanjutnyaa yaaa...sekarang saya kasih gambaran umum dulu..

saya yakin tulisan saya di atas banyak kekurangannya. tpi semoga teman-teman bisa mengambil hal-hal positif dari pengalaman saya di atas. dan semoga teman-teman juga bisa menjadi awardee lpdp selanjutnya. amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar